Kamis, 08 Maret 2012

Zikir dan Pemangku Wali melayat kerumah duka almarhum Abuya Muhibuddin Wali

LHOKSEUMAWE- "Inna Lillahi wa inna ilaihi Rajiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Abuya Prof Dr H Muhibbuddin Waly malam ini jam 21.30 di rumah sakit Fakinah Banda Aceh ", isi sms yang di terima partaiacehm2, Kamis, 8 Maret 2012. dari salah satu kader Partai Aceh.

Di Kuta Raja Banda Aceh, Mendengar kabar tersebut H Dr. Zaini Abddulah dan Muzkir Manaf calon kandidat gubernur dari Partai Aceh dan Pemangku Wali Malik Mahmud juga bergegas melayat kerumah duka almarhum Abuya Muhibuddin Wali, di kawasan Lamreueng, Lampeuneuruet, Aceh Besar, sesampai di rumah duka, rombongan bergabung dengan ratusan pelayat lainnya. kemudian juga ikut mensalatkan almarhum bersama pelayat lain.

Abuya Muhibuddin Waly adalah ulama besar ahli tawasuf dan hukum Islam asal Aceh Selatan. Lahir di Aceh Selatan 75 tahun lalu, saat deklarasi seluruh kandidat calon kepala daerah dari Partai Aceh pada 12 Februari lalu, Abuya menyempatkan diri hadir dan mempesijuek di atas panggung, menurut berbagai sumber Abuya telah lama menderita penyakit diabetes.

Beliau juga sebagai ketua Pusat MUNA Aceh Abuya juga merupakan salah satu penasehat Komite Peralihan Aceh (KPA), Wajahnya yang teduh dan tenang setiap kali memandang mencerminkan kefahamannya dan jalan tasawuf yang dimiliki ulama ini. Dan Abuya Muhibbuddin belajar Tarekat Naqsyabandiyah dari ayahandanya, Abuya Muda Waly Al-Khalidy.

Ulama besar Aceh ini akan dimakamkan di kampung halamannya di Labuhan Haji, Aceh Selatan. Almarhum akan dimakamkan persis di samping kuburan almarhum ayahnya, Syekh Muhammad Waly, guru Tarekat Naqsyabandiyah Waliyah keturunan Minangkabau. Informasi itu disampaikan Abuya Jamaluddin, adik kandung almarhum Abuya Muhibuddin kepada para pelayat di rumah duka. [Dari berbagai sumber]


Berita Terkait: