Rabu, 04 April 2012

SURVEI ORI: PASANGAN ZAINI-MUZAKIR RAIH SUARA 46 PERSEN

BANDA ACEH - Occidental Reserarch Institut (ORI), sebuah lembaga survei yang berasal dari Aceh, merilis hasil survei terbarunya. Intinya, dari 3.728 responden yang menjadi sampling survei, sebanyak 1.698 orang atau 46 persen di antaranya akan memilih pasangan kandidat Gubernur Aceh Zaini Abdullah-Muzakir Manaf dalam Pilkada Aceh 2012 ini.

Jadi, hasil survei ORI ini menempatkan pasangan Zaini-Muzakir sebagai pemenang Pilkada Aceh 2012. Adapun posisi pasangan Irwandi Yusuf - Muhyan Yunan berada di tempat kedua. Menurut survei ORI yang dikirim ke redaksi The Atjeh Post, disebutkan sebanyak 809 orang atau 22 % memilih pasangan Irwandi Muhyan untuk jadi gubernur Aceh. Kemudian 282 orang atau sekitar 8 % reponden yang diinterview akan memilih pasangan Muhammad Nazar - Nova Iriansyah.
Sebanyak 5 % lainnya atau 186 orang reponden akan memilih pasangan Darni Daud - Ahmad Fauzi, sementara sebanyak 4 % lainnya atau 142 reponden akan memilih pasangan Abi Lampisang.

Selain itu, dalam hasil survei itu juga disebutkan bahwa sebanyak 610 orang atau 16 % dari total reponden yang diinterview tidak memberikan pendapat apapun tentang siapa yang akan dipilih saat pemilukada 9 April nanti.

Menurut Direktur ORI Maimun Lukman, survei ini dilakukan selama 10 hari, sejak 10-20 Maret 2012 dengan menggunakan dua jenis data, kuantitatif dan kualitatif. “Survei di 264 kecamatan dari 23 kabupaten dan kota. Tiap kecamatan diambil dua gampong sampel,” katanya kepada wartawan.

Ini survei yang ke-empat yang dilakukan ORI dalam Pilkada Aceh ini. Dalam dua survei sebelumnya, ORI memperoleh hasil bahwa respondennya akan memilih kandidat Muhammad Nazar dalam Pilkada Aceh 2012 ini dengan memperoleh lebih 40 persen suara.

Namun dalam survei sebelumnya kandidat dari Partai Aceh belum mendaftar. Seperti hasil yang diumumkan di The Palace Coffe, Lamnyong Banda Aceh, Rabu (2/11/11), Nazar memimpin dengan perolehan 53,1 % suara, diikuti Irwandi Yusuf (40,6 %), dan Teungku Ahmad Tajuddin (3,9 %). Responden yang belum menentukan pilihan sebesar 2,4 %. [sumber: atjehpost.com]


Berita Terkait: